PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN BANGSONGAN 1 TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017


Author (Penulis)

DENI CATUR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0467P

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa guru dalam pembelajaran masih menggunakan pembelajaran tradisional yang terpusat pada guru. Guru sangat aktif dalam menyampaikan materi dan siswa sebagai penerima pengetahuan yang pasif. Ini menyebabkan siswa pasih dan kurang menyukai pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan pembelajaran bermakna untuk menggali potensi anak agar selalu aktif, kreatif dan berkembang sehingga pembelajaran lebih bermakna dan memberikan pengalaman nyata pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatkan keterampilan bereksperimen dalam mempelajari energi panas dan bunyi dengan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Bagsongan, Kecamatan Kayenkidul, Kabupaten Kediri, (2) mengetahui peningkatkan kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi dengan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Bangsongan 1, Kecamatan Kayenkidul, Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bangsongan 1. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakuan dengan menggunakan obervasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, observasi unjuk kerja dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase rata-rata. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen ketika mempelajari energi panas dan bunyi siswa kelas IV SDN Bangsongan I pada siklus I hasil unjuk kerja siswa diperoleh rata-rata 58,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Hal ini didukung oleh peningkatan aktivitas guru dengan rata-rata 66,1% meningkat menjadi 89,6% dan peningkatan sikap siswa dari 58,3% menjadi 88,7%; dan (2) pembelajaran dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi berdasarkan penilaian hasil tes siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa adalah 68,61 dengan prosentase ketuntasan belajar 51,6% di siklus I dan pada silkus II rata-rata menjadi 79,55 dengan prosentase ketuntasan belajar 87,1%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI