PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KETERGANTUNGAN MANUSIA DAN HEWAN PADA TUMBUHAN HIJAU PADASISWA KELAS V SDN WONOREJO TRISULO 1 KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

CITRA RINA DIMASANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0465P

Abstract

ABSTRAK CITRA RINA DIMASANI, Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) didukung Media Visual terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Ketergantungan Manusia dan Hewan terhadap Tumbuhan Hijau pada Siswa Kelas V SDN Wonorejo Trisulo 1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Visual, Kemampuan Mendskripsikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan terhadap tumbuhan hijau pada siswa kelas V SDN Wonorejo Trisulo 1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan rendahnya pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-test-post-test control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Wonorejo Trisulo 1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 38 siswa, dimana kelas VA bertindak sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian berupa seperangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis menggunakan uji t. Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan terhadap tumbuhan hijau pada siswa kelas VA SDN Wonorejo Trisulo 1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Hal tersebut ditunjukkan oleh th = 9,982 > tt 1% = 2,861 dengan ketuntasan klasikal 53% (2) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan terhadap tumbuhan hijau pada siswa kelas VB SDN Wonorejo Trisulo 1 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Hal tersebut ditunjukkan oleh th = 13,378 > tt 1% = 2,898 dengan ketuntasan belajar 86,53%. (3) Ada Perbedaan Pengaruh antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa didukung media visual dibanding model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan terhadap tumbuhan hijau dengan keunggulan pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) didukung media visual. Hal tersebut ditunjukkan oleh th = 5,908 > tt 1% = 2,704 dan x ? KE = 84,67 > x ? KK = 69,20. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI