PENGARUH STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PENDEK SISWA KELAS II SDN NGRONGGOT TAHUN PELAJARAN 2018-2019


Author (Penulis)

CHOIRUNISAK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0464

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan bahwa, kemampuan menyimpulkan isi teks pendek siswa kelas II SDN Ngronggot masih rendah. Buktinya hanya 10 dari 25 siswa yang mendapat nilai di atas KKM (75) dan 15 siswa mendapat nilai di bawah KKM (75). Hal ini disebabkan guru yang cenderung menggunakan metode ceramah, penugasan yang bersifat teacher centered / perpusat pada guru, sehingga guru lebih aktif dibanding siswa dalam hal belajar mengajar. Salah satu yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah di atas yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan menyimpulkan isi teks pendek dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R pada siswa kelas II SDN Ngronggot 3 tahun pelajaran 2018-2019?. 2) Bagaimana kemampuan menyimpulkan isi teks pendek dengan menggunakan pembelajaran langsung pada siswa kelas II SDN Ngronggot 2 tahun pelajaran 2018-2019?. 3) Adakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks pendek siswa kelas II SDN Ngronggot Tahun Pelajaran 2018-2019?. Teknik penelitian menggunakan teknik eksperimen dengan desain posttest-only control group dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini siswa kelas II SDN Ngronggot dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen berupa soal isian sebanyak 10 soal isian. Teknik analisis data menggunakan statistik rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa kelas II SDN Ngronggot 3 tahun pelajaran 2018-2019 mampu menyimpulkan isi teks pendek dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R, telah mencapai > KKM 75. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh adalah 86,80 sehingga telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. 2) Siswa kelas II SDN Ngronggot 2 tahun pelajaran 2018-2019 kurang mampu menyimpulkan isi teks pendek dengan menggunakan pembelajaran langsung, kurang dari < KKM 75. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh adalah 66,40 sehingga berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. 3) Ada pengaruh strategi pembelajaran PQ4R terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks pendek siswa kelas II SDN Ngronggot Tahun Pelajaran 2018-2019. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 7,982 ? ttabel 2,010 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima. Kata kunci: Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R), Kemampuan Menyimpulkan Isi Teks Pendek.

Keyword

STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R), KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PENDEK

Reference

Arends. 2012. Model-Model Pembela-jaran Inovatif berorientasi Konstuk-tivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif dan R & D. Cetakan Kesebelas Bandung: Alfa-beta. Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Trianto. 2013. Mendesain Model Pem-belajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade