PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DUA ANGKA DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA BENDA KONKRET PADA SISWA KELAS 1 SDN WARUJAYENG 2 KECAMATAN TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

BINTI ULUL QORIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0463

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa, pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angkapada kelas 1 SDN Warujayeng 2 masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya, suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut tampak dari aktivitas dan minat belajar siswa yang rendah, dan pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka dengan menggunakan metode demonstrasi dan media benda konkret? (2) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa melakukan penjumlahandan pengurangan bilangan dua angka dengan metode demonstrasi dan media benda konkret? (3) Apa saja kendala siswa melakukan penjumlahandan pengurangan bilangan dua dengan metode demonstrasi dan media benda konkret?.

Subjek yang dikenai tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Warujayeng 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk, dengan jumlah siswa sebanyak 25 anak. Teknik penelitian menggunakan metode demonstrasi dan media benda konkret melalui penelitian tindakan kelas (PTK).  Instrumen penumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Teknik analisis ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan media benda konkret  meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.

Hasil penelitian ini adalah (1) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan persentase pada siklus I  68, 75%  dan siklus II  85%. (2) Minat belajar siswa pada siklus I 60% dan siklus II 100%. (3) Kendala siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka pada siklus I adalah jumlah lidi atau kerikil yang harus dibawa tidak sesuai dengan yang diperintahkan guru bahkan ada yang tidak membawa pada siklus II tidak ada kendal yang berarti. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi dan media benda konkret pada siswa kelas 1 SDN Warujayeng 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka. 


Keyword

a

Reference

Arif, S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bahri, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki dan Farida. 2001. Kelebihan Alat Peraga Gambar. (Online), tersedia: http://ian43. wordpress. com/tag/kelebihan-alat peraga-gambar/. Diunduh 5 Maret 2016.

Dali S. Naga. 1980. Berhitung Sejarah dan Pengembangannya. Jakarta: PT Gramedia.

Danim, Sudarwan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Darajat, Zakiah. 1995. Metodik khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi. Aksara

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman Pupuh 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hasibuan, dan Mujiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hermawan Ruswandi. 2007. Metodologi Penelitian. Bandung: UPI Press.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hudojo. 2005 Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.  Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Ibrahim dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Otentik (dalam Pembelajaran Bahasa). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Poerwadarminta. W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Puji Astutik, 2013/2014. Penggunaan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang. Selo Kakap Kulon Progo.

Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slamento, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rinieka Cipta

Soedadiatmodjo. 1983. Matematika I. Jakarta: Depdikbud.

Subari. 2004. Pendidikan dalam Rangkap Perbaikan Situasi Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarmono. 1994. Tuntunan Metodologi Belajar. Jakarta: Grasindo

Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.

Sudrajat, Akhmad. 2011. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Maulana

Sumiatai. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima

Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universita Sanata Darma

Suwarna. 2005. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. (Jakarta: Remaja Rosda karya).

Wardhani. 2004. Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Wibawa, Basuki. 2001. Media Pengajaran. Bandung : CV Maulana.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI