PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THE LEARNING CELL DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR PADA
SISWA KELAS V SDN GAYAM KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
oleh:
MOH. HERU SUKANTO
12.1.01.10.0460P
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
herusukanto11@gmail.com
Drs. Bambang Soenarko, M.Pd dan Abdul Aziz Hunaifi, S.S.,M.A
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu model The Learning Cell.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh model the learning cell didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui pengaruh model konvensional didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa Kelas V di SDN Gayam 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk membuktikan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran the learning cell didukung media visual dibanding dengan penggunaan model konvensional didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa Kelas V di SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah Pretes-Postes Grup Kontrol Tidak Secara Random (Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data menggunakan rumus Jenjang Persentil (JP) dan uji-t.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model the learning cell didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan klasikal 91,91%. (2) Penggunaan model konvensional didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan klasikal 40,59%. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model the learning cell didukung media visual dibanding dengan model konvensional didukung media visual tehadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan keunggulan pada penggunaan model the learning cell didukung media visual.
Kata Kunci: Model The Learning Cell, Media Visual, Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air
DAFTAR PUSTAKA
Ismawati, Esti. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Pustaka Cakra Surakarta
Sugiharto, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNYPress.
Sukardi. 2005. Metodelogi Penelitian Pen-didikan, Kompetensi dan Praktek-nya. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat sa-tuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Ter-bitan Depdiknas.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Na-sional. Jakarta, PT Media Pustaka Mandiri.