PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THE LEARNING CELL DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR PADA KELAS V SDN GAYAM 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

Moh. Heru Sukanto
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0460P

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THE LEARNING CELL DIDUKUNG MEDIA VISUAL  TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR PADA

SISWA KELAS V SDN GAYAM KEDIRI

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

oleh:

MOH. HERU SUKANTO

12.1.01.10.0460P

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Pendidikan Guru Sekolah Dasar

herusukanto11@gmail.com

Drs. Bambang Soenarko, M.Pd dan Abdul Aziz Hunaifi, S.S.,M.A

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan,  bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu model The Learning Cell.

Tujuan  penelitian ini yaitu (1)  Untuk mengetahui pengaruh model the learning cell didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam 2  Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui pengaruh model konvensional didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa Kelas V di SDN Gayam 1  Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk membuktikan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran the learning cell didukung media visual dibanding dengan penggunaan model konvensional didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa Kelas V di SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah Pretes-Postes Grup Kontrol Tidak Secara Random (Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design). Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data menggunakan rumus Jenjang Persentil (JP) dan uji-t.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model the learning cell didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan klasikal 91,91%. (2) Penggunaan model konvensional didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan ketuntasan klasikal 40,59%. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model the learning cell didukung media visual dibanding dengan model konvensional didukung media visual tehadap kemampuan mendeskripsikan proses daur air pada siswa kelas V di SDN Gayam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan keunggulan pada penggunaan model the learning cell didukung media visual.

 

Kata Kunci:    Model The Learning Cell, Media Visual,  Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air


Keyword

Model The Learning Cell, Media Visual, Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ismawati, Esti. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Pustaka Cakra Surakarta

Sugiharto, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNYPress.

Sukardi. 2005. Metodelogi Penelitian Pen-didikan, Kompetensi dan Praktek-nya. Jakarta:  Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat sa-tuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Ter-bitan Depdiknas.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Na-sional. Jakarta, PT Media Pustaka Mandiri.


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade