PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN MLANDANGAN 2 KEC. PACE KAB. NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ENDANG KARTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0458P

Abstract

ENDANG KARTINI : Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Pada Siswa Kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk TahunPelajaran 2016/2017 Kata Kunci: Picture and Picture, Perubahan Kenampakan Bumi Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran perpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi menjadi rendah dan dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang aktif, kreatif dan kurang semangat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran picture and picture. Tiga tujuan penelitian sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui tercapai tidaknya kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk terhadap KKM. (2) Untuk mengetahui tercapai tidaknya kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk terhadap KKM. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian desain eksperimen semu (Quasy Eksperimen) dengan Pretest-Posttest Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas 15 soal. Analisis data menggunakan rumus Jenjang Persentil (JP) dan uji-t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk belum berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal mencapai 6% dengan nilai mean 60,134. (2) Kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk berhasil mencapai KKM, dengan ketuntasan klasikal 86% dengan nilai mean 86,812. (3) Penggunaan model pembelajaran picture and picture berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Mlandangan 2 Kec. Pace Kab. Nganjuk, hal ini terbukti dengan th = 33,291 > ttabel 1%= 2,831

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI