PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI RINGINPITU KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

RATNA MUSTIKA NUGRAHENY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0457P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang menunjukkan, bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPA yang membuat siswa menjadi jenuh dan cepat mengantuk. Hal ini membuat siswa menjadi pasif dan tidak tertarik pada pelajaran dan mengakibatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA menjadi rendah serta hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Numbered Head Togather terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Membuktikan ada tidaknya perbedaan pengaruh antara metode ceramah dibandingkan dengan penggunaan metode Numbered Head Togather terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen dengan Nonrandomized Pre-test-Post-test Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ringinpitu 2 dan Ringinpitu 3 yang terdiri dari 20 siswa (kelompok eksperimen) dan 20 siswa (kelompok kontrol). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode Numbered Head Togather terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan ketuntasan klasikal 83%. Hal ini terbukti dari nilai th = 9,268 > tt 1% = 2,861. (2) Metode ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan ketuntasan klasikal 65%. Hal ini terbukti dari nilai th = 12,554 > tt 1% = 2,861. (3) Ada perbedaan pengaruh antara metode Numbered Head Togather dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup hewan pada siswa kelas IV SD Negeri Ringinpitu Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017, dengan keunggulan penggunaan metode Numbered Head Togather. Hal ini terbukti dari nilai th = 5,892> tt 1% = 2,712 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 83,50 > dibanding nilai posttest kelompok kontrol 67,25. Kata kunci: Metode Numbered Head Together, Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan

Keyword

PENGARUH, NUMBERED HEAD TOGETHER, MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade