PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN KAMPUNGBARU KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

KOMI PRIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0456

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa di SDN Kampungbaru 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk khususnya pada kelas IV pelajaran IPA masih banyak siswa dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 70. Dari 24 siswa pada mata pelajaran IPA yaitu 11 siswa yang tidak mencapai KKM 57,89% dan 8 siswa memperoleh nilai > 70 (42,11%). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan pengaruh Metode Talking Stick terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Kampungbaru 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengungkapkan pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Kampungbaru 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Membuktikan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara Metode Talking Stick dibandingkan dengan model konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Kampungbaru 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen Nonrandomized Control Group Pre-test-Post-test Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Kampungbaru 1 dan IV Kampungbaru 3 yang terdiri dari 24 siswa (kelompok eksperimen) dan 24 siswa (kelompok kontrol). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Kampungbaru 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan ketuntasan klasikal 88%. Hal ini terbukti dari nilai th = 12,806> tt 1% = 2,807. (2) Metode konvensional berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Kampungbaru 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan ketuntasan klasikal 66%. Hal ini terbukti dari nilai th = 7,474> tt 1% = 2,807 (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan Metode Talking Stick dibanding dengan metode konvensional terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Kampungbaru 3 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2016/2017, dengan keunggulan pada penggunaan metode talking stick. Hal ini terbukti dari nilai th = 7,552> tt 1% = 2,687 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata kelompok eksperimen 82,62 > dibanding nilai posttest kelompok kontrol 62,50. Kata Kunci: Metode Talking Stick, Mendeskripsikan Hubungan Struktur Kerangka Tubuh Manusia dengan Fungsinya.

Keyword

PENGARUH, TALKING STICK, MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR KERANGKA TUBUH

Reference


PUBLISHED

2018-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade