PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI DUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR PANCA INDRA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN GANDONG KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WINARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0455P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa pembelajaran IPA di SD, cara guru mengajar masih menggunakan cara konvensional yang membuat siswa pasif. Dengan adanya variasi metode dan media pembelajaran guru belum bisa melaksanakan maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model Example Non Example didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui pengaruh model konvensional didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Membuktikan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran kooperatif model Example Non Example didukung media gambar dibanding model konvensional didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen diadaptasi dari Nonrandomized Pre-test-Post-test Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gandong 1 dan Gandong 2 Kecamatan Bandung yang terdiri dari 23 siswa (kelompok eksperimen) dan 23 siswa (kelompok kontrol). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model Example Non Example didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan ketuntasan klasikal 93%. Hal ini terbukti dari nilai th = 17,723>tt 1% = 2,819. (2) Model konvensional didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan ketuntasan klasikal 45%. Hal ini terbukti dari nilai th = 11,739 > tt 1% = 2,819. (3)Ada perbedaan pengaruh antara model Example Non Example didukung media gambar dibanding penggunaan model konvensional didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dengan fungsinya pada siswa kelas IV SD Negeri Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun pelajaran 2016/2017, dengan keunggulan pada penggunaan model Example Non Example didukung media gambar. Hal ini terbukti dari nilai th = 6,083> tt 1% = 2,692 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 82,00 > dibanding nilai posttest kelompok kontrol 69,13. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Example Non Example, Media gambar, Mendeskripsikan Hubungan antara Struktur Panca Indra dengan Fungsinya.

Keyword

PENGARUH, EXAMPLE NON EXAMPLE, MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR PANCA INDRA

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade