PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SDN WARUJAYENG 4 KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MUJITO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0451P

Abstract

ABSTRAK Mujito. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stik Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Warujayeng 4 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Media Gambar, Kemampuan Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam pembelajaran model yang digunakan guru kurang variatif, monoton dan terbiasa menggunakan model konvensional, dalam menyampaikan materi tidak menggunakan media/ alat peraga yang tepat, siswa merasa bosan, siswa tidak aktif dalam pembelajaran, terutama pada pelajaran matematika. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar dalam mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunanaan model pembelajaran dan media yang tepat, di antaranya model pembelajaran Talking Stick dan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk mengungkap pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Warujayeng 4 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk (2) Untuk mengungkap pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick tanpa media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Warujayeng 4 Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk (3) Untuk mengungkap perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Talking Stick didukung media gambar dibanding model pembelajaran Talking Stick tanpa media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V SDN Warujayeng 4 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Warujayeng 4 (kelompok eksperimen) dan siswa kelas V SDN Warujayeng 7 (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa test, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model pembelajaran Talking Stick didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar, dengan ketuntasan klasikal 85,31%. Hal ini terbukti dengan nilai t hitung = (16,319) > t tabel (2,750). (2) Penggunaan model pembelajaran Talking Stick tanpa media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan ketuntasan klasikal 79,35%. Hal ini terbukti dengan nilai t hitung (21,195) > ttabel (2,763). (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Talking Stick didukung media gambar dibanding penggunaan model pembelajaran Talking Stick tanpa media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar, dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Talking Stick didukung media gambar. Hal ini terbukti dengan nilai thitung (2,743) > ttabel (2,660) dan Kelompok Ekperimen 84,49> Kelompok Kontrol (79,80).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI