PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KENITEN 1 KEC.MOJO KAB.KEDIRI


Author (Penulis)

Redatiningsih
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0450

Abstract

ABSTRAK REDATININGSIH: Pengaruh Model PembelajaranNumbered Heads Together(NHT) TerhadapKemampuan Mengidentifikasi Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan MasyarakatPada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Keniten I Kec. Mojo Kab. Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata Kunci: Numbered Heads Together(NHT), Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian iniyaitu (1) Untuk mengetahui tercapai tidaknya KKM kemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatsebelummenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri. (2) Untuk mengetahui tercapai tidaknya KKM kemampuanmengidentifikasi pentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatsesudahmenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)terhadapkemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatpadasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri. PenelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdandesainpenelitianadalahPretest-Posttest Group Design.Subjekpenelitian adalah siswakelasIVSD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri. Teknikpengumpulan data berupates, yang terdiriatas25soal. Analisis data menggunakanrumusJenjangPersentil (JP) danuji-t. Kesimpulanhasilpenelitianiniadalah(1) Kemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahtaraanmasyarakatsebelummenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediribelumberhasilmencapai KKM, denganketuntasanklasikalmencapai19,12%dengannilai mean 64,1176.(2) Kemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatsesudahmenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediriberhasilmencapai KKM, denganketuntasanklasikal89,85%.dengannilai mean 88,3529. (3) Penggunaan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)berpengaruhsangatsignifikanterhadapkemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatpadasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri, haliniterbuktidenganth= 43,385 >ttabel 1%= 2,733.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI