PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KENITEN 1 KEC.MOJO KAB.KEDIRI
Author (Penulis)
Redatiningsih
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0450
Abstract
ABSTRAK
REDATININGSIH: Pengaruh Model PembelajaranNumbered Heads Together(NHT) TerhadapKemampuan Mengidentifikasi Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan MasyarakatPada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Keniten I Kec. Mojo Kab. Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017.
Kata Kunci: Numbered Heads Together(NHT), Pentingnya Koperasi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT).
Tujuan penelitian iniyaitu (1) Untuk mengetahui tercapai tidaknya KKM kemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatsebelummenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri. (2) Untuk mengetahui tercapai tidaknya KKM kemampuanmengidentifikasi pentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatsesudahmenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)terhadapkemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatpadasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri.
PenelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdandesainpenelitianadalahPretest-Posttest Group Design.Subjekpenelitian adalah
siswakelasIVSD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri. Teknikpengumpulan data berupates, yang terdiriatas25soal. Analisis data menggunakanrumusJenjangPersentil (JP) danuji-t.
Kesimpulanhasilpenelitianiniadalah(1) Kemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahtaraanmasyarakatsebelummenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediribelumberhasilmencapai KKM, denganketuntasanklasikalmencapai19,12%dengannilai mean 64,1176.(2) Kemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatsesudahmenggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)padasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediriberhasilmencapai KKM, denganketuntasanklasikal89,85%.dengannilai mean 88,3529. (3) Penggunaan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT)berpengaruhsangatsignifikanterhadapkemampuanmengidentifikasipentingnyakoperasidalammeningkatkankesejahteraanmasyarakatpadasiswakelas IV SD NegeriKeniten I Kec. Mojo Kab. Kediri, haliniterbuktidenganth= 43,385 >ttabel 1%= 2,733.