PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAL PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD KRISTEN PETRA TULUNGAGUNG SEMESTER II TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

RATNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0448P

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa hasil belajar siswa pada materi koperasi dan kesejahteraan rakyat masih rendah. Buktinya dari jumlah 25 siswa kelas IV, hasil belajar 10 siswa masih di bawah KKM. Penyebab dari ketidaktuntasan ini adalah model pembelajaran yang digunakan guru cenderung menjenuhkan dan membosankan bagi siswa, karena guru yang mendominasi kelas. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan model STAD pada siklus 1 siswa kelas IV di SD Kristen Petra Tulungagung tahun ajaran 2016/2017; 2) untuk mengetahui hasil belajar mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan model STAD pada siklus 2 siswa kelas IV di SD Kristen Petra Tulungagung tahun ajaran 2016/2017; dan 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan model STAD siswa kelas IV di SD Kristen Petra Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Kristen Petra Tulungagung dengan jumlah 24 siswa. Prosedur penelitian PTK ini menggunakan siklus I dan siklus II. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) hasil belajar mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan model STAD pada siklus 1 siswa kelas IV di SD Kristen Petra Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, belum mencapai KKM. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas sebesar 52,58, dengan persentase ketidaktuntasan belajar klasikal sebesar 12,5%; 2) hasil belajar mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan model STAD pada siklus 2 siswa kelas IV di SD Kristen Petra Tulungagung tahun ajaran 2016/2017, sudah mencapai KKM. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas sebesar 85,3, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 83,3%; dan 3) ada peningkatan hasil belajar mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan model STAD siswa kelas IV di SD Kristen Petra Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Buktinya hasil belajar siswa yang dilakukan dengan 2 siklus, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 52,58 dengan ketuntasan belajar klasikal 12,5% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 85,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 83,3%. Dengan demikian model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa pada proses pembelajaran mata pelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV di SD Kristen Petra Tulungagung.

Keyword

HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade