PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA KARTU BILANGAN ROMAWI TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JABON I KEC. BANYAKAN KAB. KEDIRI


Author (Penulis)

YULIYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0446P

Abstract

Yuliyana. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) didukung Media Kartu Bilangan Romawi Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Lambang Bilangan Romawi Pada Siswa SD Kelas IV SD Negeri Jabon I Kab. Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi PGSD, FKIP UNP Kediri, 2015 Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share (TPS), Mengidentifikasi, Lambang bilangan Romawi, Media Kartu Bilangan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Matematika di SD masih didomonasi oleh peran guru yang membuat siswa pasif. Dengan adanya variasi metode dan media pembelajaran guru belum bisa melaksanakan maksimal. Hal tersebut nampak dari kemampuan siswa menguasai materi pelajaran kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Di Dukung media Kartu Bilangan Romawi terhadap kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan romawi (2) untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Konvensional di Dukung media Kartu Bilangan Romawi terhadap kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan romawi. (3) untuk mengetahui adakah perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Di Dukung media Kartu Bilangan Romawi terhadap kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan romawi di banding Model Pembelajaran Konvensional di Dukung media Kartu Bilangan Romawi terhadap kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan romawi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen nonrandomized control group pretest-posttest desain. Subyek penelitian seluruh siswa kelas 4 SD Negeri Jabon I yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model Think Pair Share didukung media kartu bilangan romawi berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan Romawi siswa kelas IV SD Negeri Jabon I Kec. Banyakan Kabupaten Kediri, dengan ketuntasan klasikal 84%. Hal ini terbukti dari nilai th = 11,219>tt 1% = 2,807. (2) Model konvensional didukung media kartu bilangan romawi berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi lambang bilangan Romawi siswa kelas IV SD Negeri Jabon I Kec. Banyakan Kabupaten Kediri dengan ketuntasan klasikal < 68 %. Hal ini terbukti dari nilai th = 11,699 > tt 1% = 2,807. (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) didukung media kartu bilangan romawi dibanding model pembelajaran konvensional didukung media kartu bilangan romawi terhadap kemampuan mengidentifikasi Lambang Bilangan Romawi siswa kelas IV SD Negeri Jabon I Kec. Banyakan Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2016-2017, dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) didukung media kartu bilangan romawi. Hal ini terbukti dari nilai th = 5,673 > tt 1% = 2,687 dan berdasarkan perbandingan nilai rata-rata kelompok eksperimen 83,66 > dibanding nilai posttest kelompok kontrol 70,66

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI