PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDN BANJARAN 6 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018-2019
Author (Penulis)
TARSIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0443
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman bahwa, pembelajaran Matematika di kelas III SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu CTL (Contextual Teaching and Learning). Dengan model ini, siswa dapat menghitung keliling persegi dan persegi panjang dengan mudah. Model ini memudahkan siswa untuk menghitung keliling persegi dan persegi panjang sehingga siswa tidak hanya menghafal rumus saja tetapi bisa memahami materi dengan mudah.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang sebelum menggunakan model pada siswa kelas III SDN Banjaran 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018-2019; (2) hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang setelah menggunakan model CTL pada siswa kelas III SDN Banjaran 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018-2019; dan (3) pengaruh penggunaan model CTL terhadap hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Banjaran 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018-2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah Pretest-Posttest Group Design.Subjekpenelitian adalah siswa Kelas III SDN Banjaran 6 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 32. Teknikpengumpulan data berupates tulis dengan isian yang terdiriatas 10 soal. Analisis data menggunakanrumusanalisis statistik untuk mencari nilai rata-rata dan statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang sebelum menggunakan model CTL pada siswa kelas III SDN Banjaran 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018-2019 dinyatakan nilai rata-rata masih di bawah KKM yaitu 63,750; (2) Hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang setelah menggunakan model CTL pada siswa kelas III SDN Banjaran 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018-2019 dinyatakan nilai rata-rata sudah di atas KKM yaitu 83,750; dan (3) Ada pengaruh penggunaan CTL terhadap hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Banjaran 6 Kota KediriTahun Ajaran 2018-2019karena terbukti dari hasil uji t diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 6,753> 2,042.
Kata Kunci: Model CTL, Menghitung Keliling Persegi dan Persegi Panjang
Keyword
a
Reference
Arikunto, Suharsimi2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Keempat). Jakarta: PT. Rineka Cipta
Depdiknas.2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standart Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Apilasi PAIKEM. Jogjakarta: Pustaka Pelajar