PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDIT BINA INSANI KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018


Author (Penulis)

SITI HAJAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0441

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran menghitung keliling persegi dan persegi panjang. Hal ini membuat siswa tidak tertarik pada pelajaran sehingga kesulitan memahami konsep dan mengakibatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika menjadi rendah serta hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal.

Permasalahan penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang dengan pendekatan kontekstual siswa kelas III SDIT Bina Insani tahun pelajaran 2018-2019? (2) Bagaimana hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang dengan metode ceramah siswa kelas III SDIT Bina Insani tahun pelajaran 2018-2019? (3) Adakah pengaruh pendekatan konteksual terhadap hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDIT Bina Insani tahun pelajaran 2018-2019?

Penelitian ini menggunakan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDIT Bina Insani Kediri, kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan bentuk instrumennya berupa soal isian berjumlah 10 butir. Analisis data yang digunakan berupa analisis statistik mencari nilai rata-rata dan statistika inferensial dengan menggunakan rumus uji t.

Hasil penelitian ini : (1) Hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang dengan pendekatan kontekstual siswa kelas III SDIT Bina Insani tahun pelajaran 2018-2019 dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata di atas KKM yaitu 83,70. (2) Hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang dengan metode ceramah siswa kelas III SDIT Bina Insani tahun pelajaran 2018-2019 dinyatakan belum tuntas karena nilai rata-rata di bawah KKM yaitu 69,26. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 6,35  2,052. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDIT Bina Insani Kediri Tahun Pelajaran 2018-2019.

 

 


Keyword

PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:    Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyani, Sumantri dan Johar, Permana. 2001. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta:Depdiknas.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperatif Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Cet. V).  Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade