PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN BERKREASI MEMBUAT KINCIR ANGIN DAN KINCIR AIR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI MANFAAT ENERGI ANGIN DAN AIR PADA SISWA SDN DANDANGAN 2 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

SETYO RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0439P

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat yaitu demonstrasi.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan mengidentifikasi manfaat energi angin dan air pada siswa Kelas IV di SDN Dandangan 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi manfaat energi angin dan air pada siswa kelas IV di SDN Dandangan 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Menjelaskan perbedaan pengaruh metode demonstrasi dibanding dengan metode ceramah terhadap kemampuan mengidentifikasi manfaat energi angin dan air pada siswa Kelas IV SDN Dandangan 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah Pretes-Postes Grup Kontrol Tidak Secara Random (Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design). Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN Dandangan Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas 25 soal. Analisis data menggunakan rumus Jenjang Persentil (JP) dan uji-t.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan metode demonstrasi berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi manfaat energi angin dan air pada siswa kelas IV di SDN Dandangan 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan ketuntasan klasikal 89,85%, hal ini ini terbukti dengan tingginya thitung 40,177 > ttabel 1% 2,733. (2) Penggunaan metode ceramah berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi manfaat energi angin dan air pada siswa kelas IV di SDN Dandangan 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan ketuntasan klasikal 26,915%, hal ini ini terbukti dengan tingginya thitung 10,604 > ttabel 1% 2,733 (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan metode demonstrasi dibanding dengan metode ceramah tehadap kemampuan mengidentifikasi manfaat energi angin dan air pada siswa kelas IV di SDN Dandangan 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan keunggulan pada penggunaan metode demonstrasi, hal ini terbukti perbandingan thitung 10,130 > ttabel 1% 2,652 dan hasil perbandingan  kelompok eksperimen 88,7059 >  kelompok kontrol 67,5294.


Keyword

a

Reference

Sukardi. 2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prak-teknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Ter-padu. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasi-onal. Jakarta, PT Media Pustaka Mandiri.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen. Jakarta, PT Media Pustaka Mandiri.


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI