PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN I NGLURUP TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NOVI WIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0432P

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelaaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kelas V pada pelajaran IPA ?materi sifat-sifat cahaya di SDN I Nglurup tahun ajaran 2014/2015 ?dengan strategi pembelajaran inkuiri.? (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA kelas V materi sifat-?sifat cahaya di SDN I Nglurup tahun ajaran 2014/2015 dengan strategi ?pembelajaran inkuiri. ?Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian ?siswa kelas V SDN ??1 ?Nglurup?. ?Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas siswa?, ?lembar observasi aktivitas guru?, ?tes hasil belajar siswa dan instrumen berupa soal ujian?. ?Teknik ?analisis yang digunakan teknik analisis deskriprif kualitatif serta kuantitatif?.? Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan strategi pembelajaran inkuiri untuk siswa ?kelas 5 SDN I Nglurup pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan proses ?pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa. (2) Penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA kelas V materi sifat-?sifat cahaya di SDN I Nglurup tahun ajaran 2014/2015.? Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Penggunaan strategi ??pembelajaran inkuiri terbukti mampu meningkatkan ?proses dan hasil belajar siswa pada mata ??pelajaran Ilmu Pengetahuan ?Alam, maka disarankan kepada guru kelas untuk menerapkan strategi ???pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran khususnya pada mata ?pelajaran Ilmu ??Pengetahuan Alam.? (2) Guru hendaknya selalu berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran ?dengan membaca literatur pembelajaran yang aktif serta menerapkannya dalam kegiatan belajar ?mengajar sehingga akan selalu terjadi peningkatan proses pembelajaran dan khususnya hasil ?belajar siswa.? Kata Kunci: Hasil Belajar, sifat-sifat cahaya, strategi pembelajaran inkuiri ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI