PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN MAKHLUK HIDUP SECARA SEDERHANA SISWA KELAS III SDN JONGBIRU TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

IKA NOVIANTY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0425

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa kemampuan menggolongkan makhluk hidup secara sederhana siswa kelas III SDN Jongbiru masih rendah. Buktinya dari jumlah 20 siswa kelas III, nilai 15 siswa masih di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa cenderung pasif. Salah satu media pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh dan membuat siswa aktif adalah media gambar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan menggolongkan makhluk hidup secara sederhana dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III di SDN Jongbiru tahun ajaran 2018/2019?. 2) Bagaimanakah kemampuan menggolongkan makhluk hidup secara sederhana tanpa menggunakan media gambar pada siswa kelas III di SDN Jongbiru tahun ajaran 2018/2019?. 3) Apakah media gambar dapat mempengaruhi kemampuan menggolongkan makhluk hidup secara sederhana pada siswa kelas III SDN Jongbiru tahun ajaran 2018/2019?. Subyek penelitian ini siswa kelas III-A sebanyak 20 siswa dan kelas III-B sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan angket. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan soal uraian berjumlah 10 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik untuk mencari nilai rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa kelas III di SDN Jongbiru mampu menggolongkan makhluk hidup secara sederhana dengan menggunakan media gambar, dengan nilai rata-rata > KKM 75. Dengan rata-rata posttest adalah 88,5. 2) Siswa kelas III di SDN Jongbiru kurang mampu menggolongkan makhluk hidup secara sederhana tanpa menggunakan media gambar, dengan nilai rata-rata < KKM 75. Dengan nilai rata-rata posttest adalah 71,5. 3) Ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan menggolongkan makhluk hidup secara sederhana pada siswa kelas III SDN Jongbiru tahun ajaran 2018/2019, nilai thitung 6,071 ? ttabel 2,021 pada taraf signifikan 5%. Kata kunci: Media0Gambar, Kemampuan Menggolongkan Makhluk Hidup Secara Sederhana.

Keyword

Media Gambar, Menggolongkan Makhluk Hidup Secara Sederhana

Reference

Abdul, Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Asy’ari, Maslichah. 2011. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelaja-ran Sains di Sekolah Dasar. Yogyakarta: universitas sanata dharma. Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar: Yogyakarta. Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nura-ni Sejahtera. Sadiman, Arif S. 2013. Media Pendi-dikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sapriati, Amalia dkk. 2013. Pembela-jaran IPA di SD. Jakarta: Uni-versitas Terbuka. Sudjana, Nana. 2015. Media Pengaja-ran. Jakarta: Sinar Baru Algerin-do. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfa-beta.

PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade