Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran IPS Tentang Materi Jual Beli Dengan Model Role Playing Pada Siswa Kelas III SDN II Pandansari Kec. Ngunut Ka . Tulungagung


Author (Penulis)

HETTY MEILASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0423P

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Peningkatan Hasil Belajar Materi Jual Beli. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa pembelajaran IPS di SD strategi pembelajaran masih bersifat konvensional yang berpusat pada guru, sehingga pembelajaran cenderung menjemukan dan membosankan. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh dan menggunakan daya fikir secara aktif, salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan model role playing. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan hasil belajar materi jual beli menggunakan model role playing pada siklus I siswa kelas 3 di SDN 2 Pandansari tahun pelajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan hasil belajar materi jual beli menggunakan model role playing pada siklus II siswa kelas 3 di SDN 2 Pandansari tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk membuktikan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS materi jual beli siswa kelas 3 SDN 2 Pandansari tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian ini siswa kelas III SDN II Pandansari Kec. Ngunut Kab. Tulungagung yang berjumlah 20 siswa. Prosedur penelitian berupa suatu siklus yaitu menggunakan siklus I dan siklus II. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kuantitatif berupa hasil belajar kognitif, dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) hasil belajar materi jual beli menggunakan model role playing pada siklus I siswa kelas 3 di SDN 2 Pandansari tahun pelajaran 2016/2017, belum tuntas. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 65, dari jumlah 20 siswa, hanya 5 siswa yang berhasil mencapai KKM sedangkan 15 siswa belum mencapai KKM, prosentase ketuntasan klasikal sebesar 25%. 2) hasil belajar materi jual beli menggunakan model role playing pada siklus II siswa kelas 3 di SDN 2 Pandansari tahun pelajaran 2016/2017, tuntas. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 82,25, dari jumlah 20 siswa, 17 siswa yang sudah mencapai KKM, sedangkan 3 siswa yang belum mencapai KKM, prosentase ketuntasan klasikal sebesar 85%. 3) model role playing dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS materi jual beli siswa kelas 3 SDN 2 Pandansari tahun pelajaran 2016/2017, sudah meningkat. Hal ini dapat diketahui bahwa pada siklus I persentase nilai rata-rata adalah 65 (Tidak Tuntas) pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata menjadi 82,25 (Tuntas).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI