PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN GEBANGKEREP 2 TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DEFI FITRIANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0421

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa, nilai kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 masih tergolong rendah. Dari siswa sebanyak 15 yang memperoleh nilai 75 ke atas 6 anak, sisanya 9 anak hanya mendapatkan nilai 60 ke bawah. Dengan demikian lebih dari 75% siswa masih di bawah KKM. Hal itu disebabkan dalam pembelajaran masih menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional yaitu dengan berceramah.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya sebelum menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 tahun ajaran 2017-2018?; (2) Bagaimana kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya sesudah menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 tahun ajaran 2017-2018?; (3) Apakah terdapat pengaruh media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 tahun ajaran 2017-2018?.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, teknik penelitian menggunakan pre-eksperimental design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 dengan jumlah 15 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa tes dan angket. Teknik analisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya sebelum menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 Tahun Ajaran 2017-2018, belum tuntas yaitu nilai rata-rata pretest yang diperoleh adalah 72,7. (2) Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya sesudah menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 Tahun Ajaran 2017-2018, tuntas yaitu nilai rata-rata posttest yang diperoleh adalah 87,9. (3) Ada pengaruh media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Gebangkerep 2 Tahun Ajaran 2017-2018. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 5,06 ≥ ttabel 2,131 pada taraf signifikan 5%.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Latuheru, John D. 2013. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud &P2 LPTK.
Muarifin, Moch. 2010. Materi Media Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Sadiman, Arief S. dkk. 2014. Media Pendidikan, Pengertian, Peng-embangan, dan Pemanfaatan-nya. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuan-titatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Wahono, Budi. 2008. Ilmu Pengeta-huan Alam dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depar-temen Pendidikan Nasional.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade