PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN SIFAT BENDA SISWA KELAS 3 SDN KECUBUNG I KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

CHUZATUN NISAK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0420

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan bahwa, kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda pada siswa kelas 3 SDN Kecubung I masih rendah. Berdasarkan nilai ulangan harian, dari jumlah 24 siswa kelas 3, nilai 17 siswa masih di bawah KKM. Salah satu faktor dari ke tidak tuntasan ini adalah strategi pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Kebanyakan guru SD masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa cenderung pasif, hanya menerima apa yang disampaikan guru kurang mampu mengeluarkan pendapat, bertanya, serta menjawab pertanyaan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan materi perubahan sifat benda sebelum menggunakan metode eksperimen siswa kelas 3 Sekolah Dasar di SDN Kecubung 1 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan materi perubahan sifat benda sesudah menggunakan metode eksperimen siswa kelas 3 Sekolah Dasar di SDN Kecubung 1 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? (3) Adakah pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar di SDN Kecubung 1 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk?
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, teknik penelitian menggunakan metode pre-eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kecubung I dengan jumlah 24 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa tes dan angket. Teknik analisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa kelas 3 Sekolah Dasar di SDN Kecubung 1 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk kurang mampu dalam mendeskripsikan materi perubahan sifat benda sebelum menggunakan metode eksperimen. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretest yang diperoleh adalah 62,7 sehingga belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. (2) Siswa kelas 3 Sekolah Dasar di SDN Kecubung 1 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk mampu mendeskripsikan materi perubahan sifat benda sesudah menggunakan metode eksperimen. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh adalah 87,3 sehingga di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. (3) Ada pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan sifat benda pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar di SDN Kecubung 1 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 12,3 ≥ ttabel 2,064 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima.


Keyword

Metode Eksperimen, Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda

Reference

Palendeng. 2013. Pengertian metode Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta.
Roestyah. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanti-tatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade