PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN DAN MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN SATUAN VOLUME SERTA HUBUNGAN PANGKAT TIGA DENGAN AKAR PANGKAT TIGA PADA SISWA KELAS V SDIT BINA INSANI KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

Anik Nurul Laili
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0417P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada materi volume bangun ruang yang menunjukkan bahwa siswa kelas V SDIT Bina Insani Kediri masih rendah. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan teacher center karena guru sebagai pusat pembelajaran. Selain itu, guru kelas belum mampu mengembangkan metode yang mengajak siswa aktif sehingga mengakibatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika menjadi rendah serta hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal.Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode demonstrasi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga dengan metode demonstrasi dan ceramah serta untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi pada siswa kelas V SDIT Bina Insani Kediri tahun pelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini menggunakan teknik Pre eksperiment one group pretest-posttest Design.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Bina Insani Kediri, kelas eksperimen berjumlah 17 siswa dan kelas kontrol berjumlah 17 siswa.Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan bentuk instrumennya berupa soal isian berjumlah 10 butir.Analisis yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis statistik dan statistika inferensial melalui penggunaan rumus uji t.

Hasil analisis data dapat diketahui 1) Siswa kelas V SDIT Bina Insani Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 mampu menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga dengan metode demonstrasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test yaitu 82,35 sehingga mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. (2) Siswa kelas V SDIT Bina Insani Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 kurang mampu menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga dengan  metode ceramah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata post-test  yaitu 72,94 sehingga berada di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM 75. (3) Ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menje-laskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga pada siswa SDIT Bina Insani Kediri tahun ajara 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 2,54 ≥ ttabel 2,110  pada taraf signifikan 5%  sehingga Ha diterima.


Keyword

a

Reference

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:    Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjana,Wina.2006. Strategi Pembelaja-ran.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar dengan pendekatan baru. Jakarta: Remaja Rosdadakarya.

Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kali Jaga.


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade