Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher HereTerhadapKemampuan Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan TransportasiSiswa Kelas IVSDNGayam 2 Tahun Pelajaran 2015-2016


Author (Penulis)

KHAIYU RIZA NOVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0414

Abstract

ABSTRAK KhaiyuRizaNovitasari: Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher HereTerhadapKemampuan Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan TransportasiSiswa Kelas IVSDNGayam 2 Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa banyaksiswa yang menganggap IPSsebagaimatapelajaran yang kurangmenarik, sehinggaberpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Agar siswa memiliki kemampuan kritis, kreatif dan aktif, maka guru harus lebih selektif lagi dalam memilih metode pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi sebelum menggunakanmetode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi setelah menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here? (3) Adakah pengaruh metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian, yaituseluruh siswa kelas IV SDN Gayam 2 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Heredan IV B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Heredengan analisis uji t menggunakan program SPSS versi 16. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan bentuk Nonrandomized Control Group Pretest-Postest serta menggunakan pendekatan kuantitatif, data-data yang diperoleh, yaitu data numerikdengan analisis uji t menggunakan program SPSS versi 16. Dan subyek penilitiannya adalah siswa kelas IV SDN Gayam 2. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenalperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasisebelummenggunakan metode pembelajaran tidak meningkat secara signifikan. Hal ini dapat dibuktikan pada perolehan rata-rata sebesar 76,00. (2) Kemampuan mengenalperkembanganteknologiproduksi, komunikasi, dantransportasidengan menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Heremeningkat secara signifikan hal ini dapat dibuktikan pada perolehan rata-rata sebesar 83,52. (3) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan metodepembelajaran Everyone Is A Teacher Hereterhadap kemampuan mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi yang dibuktikan pada data hasil perhitungan uji tAsymp.Sig. (2-tailed) 0,001<0,05.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI