Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Menemukan Kalimat Utama pada Tiap Paragraf Melalui Membaca Intensif pada Siswa Kelas IV SDN I Kepuhrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

RIZKY RACHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0412

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di SDN I Kepuhrejo Kabupaten Tulungagung, bahwa kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif pada siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakter materi. Akibatnya, pembelajaran menjadi kurang bermakna, cenderung pasif, siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan dan hal ini membuat tingkat keberhasilan pembelajaran cenderung rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif sebelum menggunakan model reciprocal teaching (2) Bagaimana kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif sesudah menggunakan model reciprocal teaching (3) Adakah pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif. Pendekatan penelitian yang diigunakan adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian Pre-Eksperimental Designs dengan bentuk One-Group- Pretest – Postest Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN I Kepuhrejo Kabupaten Tulungagung yang terdiri dari 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan memberikan soal pretest dan posttest pada siswa kelas IV SDN I kepuhrejo yang selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan norma Hipotesis 1 diterima jika nilai rata-rata siswa belum mencapai KKM yaitu 70. Hipotesis 2 diterima jika nilai rata-rata siswa mencapai KKM yaitu 70 Hipotesis 3 diterima Jika t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5% maka dikatakan signifikan akibatnya H0 ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan siswa kelas IV SDN I Kepuhrejo dalam menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif sebelum menggunakan model reciprocal teaching dinyatakan kurang mampu, terbukti dengan nilai rata-rata pretest yang di dapat masih dibawah KKM yaitu 60,79. (2) Kemampuan siswa kelas IV SDN I Kepuhrejo dalam menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif sesudah menggunakan model reciprocal teaching dinyatakan mampu, terbukti dengan nilai rata-rata posttest yang di dapat telah mencapai KKM yaitu 75. (3) Ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model reciprocal teaching terhadap kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif pada siswa kelas IV SDN I Kepuhrejo, terbukti dengan hasil t hitung 17,328 > t tabel 2,052 dengan df 27 dan pada taraf signifikansi 5%. Kata Kunci : model reciprocal teaching, kalimat utama, membaca intensif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI