Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber-sumber Energi Di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas II SDN Nambaan II Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

REZA FANANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0409

Abstract

Reza Fanani. Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sumber-sumber Energi Di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas II SDN Nambaan II tahun ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif dan proses pembelajaran menjadi membosankan karena hanya mendengarkan guru saja dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi.Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran dan media yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran Inside Outside Circle dengan dukungan media audio visual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di lingkungan sekitar yang diberi pembelajaran model Inside Outside Circle dengan didukung media audio visual pada siswa kelas II SDN Nambaan II tahun ajaran 2015/2016 ? (2)Bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di lingkungan sekitar yang diberi pembelajaran model Inside Outside Circle tanpa didukung media pada siswa kelas II SDN Nambaan II tahun ajaran 2015/2016 ? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Indside Outside Circle disertai media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber- sumber energi yang ada di lingkungan sekitar pada siswa kelas II SDN Nambaan II tahun ajaran 2015/2016 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik eksperimen dan desain penelitian adalah Desain Randomized Matched Subjects Post Tes Only. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas II SDN Nambaan II yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle didukung media audio visual dan seluruh siswa kelas II SDN Ngasem yang berjumlah 36 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle tanpa didukung media audio visual dengan anlisis uji-t menggunakan Independent T-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil post-test kelompok control dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan siswa terhadap pengetahuan mengidentifikasi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle didukung media audio visual mendapat kriteria penilaian baik dengan rata-rata 81,55. (2) Kemampuan siswa terhadap pengetahuan mengidentifikasi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle tanpa didukung media mendapat kriteria cukup dengan rata-rata 70,83.(3) Ada pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle didukung media audio visual dibandingkan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle tanpa didukung media terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar pada siswa kelas II SDN Nambaan II tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari nilai taraf signifikansi 5%. Nilai rerata post-test pada kelompok eksperimen adalah 81,55, sedangkan nilai rerata post-test pada kelompok control adalah70,83. Dengan demikian 81,55>70,83. Dan Sig.(2-tailed)<0,05 yaitu 0,001<0,05. Kata Kunci: Model pembelajaran Inside Outside Circle, media audio visual, kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI