PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SEMESTER 2 SDN SUKORAME 3 MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

INA PUTRI PARASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0407

Abstract

Pengaruh Model Circuit Learning Didukung Media Visual terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V Semester 2 SDN Sukorame 3 Mojoroto Kota Kediri TahunAjaran 2015/2016 Ina Putri Parasari 12.1.01.10.0407 FKIP - PGSD inaputriparasari@gmail.com Heru Budiono dan Nursalim UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini didasarkan dari fakta dilapangan yaitu masih banyaknya pengajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang mengacu pada transfer ilmu semata guna mengejar target kurikulum. Kemampuan memahami sebuah pelajaran akan dapat dimiliki siswa apabila guru merancang pembelajaran yang efektif dengan menerapkan multi metode dan multi media pembelajaran. Permasalahn penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikansifat-sifatcahayasebelum menggunakan Model Circuit Learning didukung media visual? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya setelah menggunakan Model Circuit Learning didukung media visual? (3) Adakah perbedaan pengaruh penggunaan Model Circuit Learning didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya?. Subjek dalam penelitian ini adalah SDN Sukorame 3.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis berupa soal pilihan ganda yang valid dan reliabel. Hipotesis 1 menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebelum mendapat perlakuan cenderung masih berada dibawah KKM yaitu 69,4. Sedangkan pada hipotesis 2, setelah mendapat perlakuan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 77,8 yang artinya sudah melebihi KKM. Hipotesis 3 data diuji menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil analisis menunjukkan thitung (6,76) ? ttabel (2,080) maka signifikan (Ha diterima H0 ditolak). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Model Circuit Learning didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Saran untuk penelitian ini adalah agar dalam pembelajaran IPA guru menggunakan model pembelajaran circuit learning yang didukung media visual untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Kata kunci : model circuit learning, media visual, kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI