Pengaruh model pembelajaran Jigsaw didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Jamsaren 1 kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

NORMA ABDITAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0405

Abstract

ABSTRAK NORMA ABDITAMA: Pengaruh Model Jigsaw Terhadap Kemampuan Menjelaskan Berbagai Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya Pada Siswa Kelas IVSDN Jamsaren 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD FKIP UNP Kediri, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah pengamatan peneliti yang menemukan bahwa kemampuan menjelaskan konsep IPA siswa masih rendah yang disebabkan kemampuan untuk dapat memahami konsep IPA masih kurang. Kemampuan ini akan dapat dimiliki siswa apabila guru merancang pembelajaran secara efektif dan lebih bermakna yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model Jigsaw. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah nilai rata-rata kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Jamsaren 1 kota Kediri sebelum penggunaan model pembelajaran Jigsaw didukung media gambar berhasil mencapai KKM? (2) Apakah nilai rata-rata kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Jamsaren 1 kota Kediri sesudah penggunaan model pembelajaran Jigsaw didukung media gambar berhasil mencapai KKM? (3) Apakah penggunaan model Jigsaw didukung media gambar berpengaruh terhadapkemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Jamsaren 1 kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jamsaren 1 tahun ajaran 2016/2017. Dengan sampel semua anggota populasi. Data penelitian ini berupa nilai prettest dan posttest yang diperoleh dengan metode tes yang kemudian diuji dengan uji proporsi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan tidak berhasil mencapai KKM yaitu 58,6 < 70 , (2) nilai rata-rata siswa sesudah diberikan perlakuan berhasil mencapai KKM yaitu 81,4>70 dan (3) hasil uji-t diperoleh t- hitung sebesar 7,670 dan t tabelnya adalah 2,060 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perolehan tersebut didapat t hitung 8,290> t tabel 2,060 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh pada penggunaan Jigsaw terhadap kemampuan menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya pada siswa kelas IV SDN Jamsaren 1 kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Saran untuk penelitian ini adalah agar pembelajaran IPA yang mengacu pada model Jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan konsep IPA siswa. Serta harapan akan adanya penelitian lanjutan tentang pembelajaran IPA yang mengacu pada model Jigsaw sebagai bentuk pengembangan dan perbaikan dari penelitian yang telah dilakukan. KATA KUNCI : model Jigsaw, kemampuan menjelaskan, energi alternatif dan cara penggunaannya kelas IV

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI