PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN TANDUR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BURENGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

RIZKY RAMADHAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0402

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Burengan Kota Kediri. Hal ini disebabkan guru hanya menggunakan pembelajaran konvensional yang hanya mengacu pada metode ceramah tanpa memperhatikan penggunaan metode pembelajaran yang lebih variatif. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tanpa menggunakan TANDUR terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Burengan. 2) Untuk mengetahui pengaruh sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan TANDUR terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Burengan. 3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh tanpa menggunakan TANDUR dibanding dengan menggunakan TANDUR terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Burengan Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Burengan dengan jumlah 35 siswa yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelas IV SDN Balerejo dengan jumlah 30 siswa yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol) Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pengaruh kemampuan siswa mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya tanpa menggunakan TANDUR dibanding dengan menggunakan TANDUR. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang dilakukan t hitung 2.495 > t tabel 1.998 serta nilai posttest yang diperoleh kelas eksprimen dengan nilai rata-rata 81 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 72 dengan perbedaan koefisien pengaruh sebesar 12,5 %. Kata Kunci Pembelajaran TANDUR, Mendeskripsikan, Quantum Teaching TANDUR.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI