PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN MANFAAT ENERGI ALTERNATIF PADA SISWA KELAS IV SDN KUNJANG I KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

GENVIL ARINTHA HADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0401

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan manfaat energi alternatif pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan variabel terikat kemampuan mendeskripsikan manfaat energi alternatif dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Team Game Tournament didukung media gambar. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Control Group Pre-test-post-test dengan dua macam perlakuan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kunjang I tahun ajaran 2015/2016.Sampel penelitian ini dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament didukung media gambar sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan tanpa menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament tanpa didukung media gambar.Teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampling jenuh. Data hasil tes siswa dianalisis menggunakkan uji t pada taraf signifikansi 5% (?=0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,36 dan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 71,42. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai thitung adalah 3,028 dan nilai ttabel adalah 2,020 pada taraf signifikan 5% (? = 0,05). Berdasarkan hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran team game tournament didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan manfaat energi alternatif. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Team Game Tournament didukung media gambar ini diharapkan dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa agar lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan khususnya pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: model pembelajaran Team Game Tournament, media gambar, kemampuan mendeskripsikan manfaat energi alternatif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI