PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS III SDN SINGKALANYAR 1TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

BAGUS EKO HANANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0400

Abstract

Berdasarkan dari hasil observasi yang lebih dari 50% siswa kelas III di SDN Singkalanyar I belum dapat mendeskripsikan kenampakan bumi di lingkungan sekitar. Hal ini ditunjukkan dari rendahnya pencapaian siswa pada pelajaran IPA yang rata-rata nilai ulangan harian dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) khususnya siswa kelas III SDN Singkalanyar I. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran  IPA di sekolah dasar masih banyak yang dilaksanakan secara konvensional atau hanya ceramah saja dan guru hanya terpaku pada buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar mengajar. Para guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara aktif dan kreatif dalam melibatkan siswa serta belum menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi berdasarkan karakter materi pelajaran. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar diperlukan model pembelajaran yang tepat (model Quantum Teaching) agar siswa lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain One group Pretest-Posttest desaign. Subyek penelitai ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Singkalanyar 1  Tahun Pelajaran 2018 - 2019 yaitu sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes tertulis. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Siswa kelas III SDN Singkalanyar 1 kurang mampu dalam mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar sebelum menggunakan model Quantum Teaching dengan ketuntasan klasikal 19,2%. (2) Siswa kelas III SDN Singkalanyar 1 mampu dalam mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar sesudah menggunakan model Quantum Teaching dengan ketuntasan klasikal 80,76 (3) Ada pengaruh model Quantum Teaching terhadap kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar pada siswa Kelas III SDN Singkalanyar 1 Tahun Ajaran 2018/2019, dengan nilai thitung> ttabel yaitu 5,429 > 2,060. Berdasarkan kesimpulan hasil tersebut maka dapat disarankan bagi guru untuk menggunakan model Quantum Teaching agar pelajaran menjadi lebih mudah dipahami, bermakna dan menyenangkan.

.

 

KATA KUNCI  :. model Quantum Teaching; kemampuan mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar


Keyword

MODEL QUANTUM TEACHING,KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR

Reference

A’la, Miftahul. 2010.  Quantum Teaching. Jogyakarta : Diva Pres

Aka,K.A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 35-46.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta

Supramono, Agus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa  Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha  Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan. vol 4. no. 2. hal 78-86. Diunduh tanggal 4 Mei 2019  16:41

Sudjana, Nana. 2004. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta : Bandung

Sarohmiati, Dwi. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Menggunakanmind Mapping Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran MIPA. Vol 18. No 2

Setyaningrum, Yuli. 2016. Pengaruh Model Quantum Teaching Dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di Sma Plus Darul Hikmah. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 4. No 2. Diunduh tanggal 17 Mei 2019  18:31


PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade