PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI SERTA SIFAT-SIFARNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KUNJANG I KABUBATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/ 2016


Author (Penulis)

HERMIN NOVITA INGGAR SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0394

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang telah dilakukan dilapangan, bahwa kemampuan siswa mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat- sifatnya masih rendah dan nilai siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih menggunakan cara mengajar yang konvensional, disamping itu guru juga masih belum menggunakan model pembelajaran yang variatif dan media pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model pembelajaran make a mach dan didukung dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat- sifatnya sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran make a match didukung media gambar dan pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat- sifatnya. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kunjang I tahun ajaran 2015/ 2016. Data penelitian ini berupa data nilai pretest dan posttes yang selanjutnya diuji menggunakan uji t. Selanjutnya hasil penelitian menunujukkan nilai rata-rata siswa pada kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat- sifatnya setelah menggunakan model pembelajaran make a match didukung media gambar lebih tinggi dari sebelum menggunakan model pembelajaran make a match didukung media gambar. Dari nilai rata-rata siswa yang meningkat berarti ada pengaruh penggunaan penggunaan model pembelajaran make a match didukung media gambar pada siswa kelas IV. Saran dari penelitian ini adalah agar model pembelajaran make a macth didukung media gambar dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi serta sifat- sifatnya. Kata Kunci: model pembelajaran make a match, media gambar, kemampuan mendeskripsikan, energi panas dan bunyi serta sifat- sifatnya kelas IV.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI