PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KUNJANG I KABUBATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/ 2016
Author (Penulis)
INTAN PERMATASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0393
Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KUNJANG I KABUBATEN KEDIRI
TAHUN AJARAN 2015/ 2016 N
IntanPermatasari
12.1.01.10.0393
FKIP-PGSD
Oktavantiandika@gmail.com
Darsono, Suryowidodo
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang telah dilakukan dilapangan, bahwa kemampuan siswa menjumlahkan dan mengurangkan berbagai pecahan masih rendah dan nilai siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih menggunakan cara mengajar yang konvensional, disamping itu guru juga masih belum menggunakan model pembelajaran yang variatif dan media pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model pembelajaran team-assisted individualization dengan alat peraga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan menggunakan model team-assisted individualization dengan alat peraga dan tanpa alat peraga serta mengetahui kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan pada siswa yang diberikan model team-assisted individualization dengan alat peraga hasilnya akan lebih baik daripada kemampuan siswa yang tidak diberi alat peraga
Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kunjang I tahun ajaran 2015/ 2016. Data penelitian ini berupa data nilai pretest dan posttes yang selanjutnya diuji menggunakan uji t.
Saran dari penelitian ini adalah agar model pembelajaran team-assisted individualization dengan alat peraga dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
Kata Kunci: kooperatif, team-assisted individualization, alat peraga, kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan, pecahan kelas V.