PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KUNJANG I KABUBATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/ 2016


Author (Penulis)

INTAN PERMATASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0393

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAHKAN DAN MENGURANGKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN KUNJANG I KABUBATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/ 2016 N IntanPermatasari 12.1.01.10.0393 FKIP-PGSD Oktavantiandika@gmail.com Darsono, Suryowidodo UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang telah dilakukan dilapangan, bahwa kemampuan siswa menjumlahkan dan mengurangkan berbagai pecahan masih rendah dan nilai siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan karena pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar masih menggunakan cara mengajar yang konvensional, disamping itu guru juga masih belum menggunakan model pembelajaran yang variatif dan media pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu model pembelajaran team-assisted individualization dengan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan menggunakan model team-assisted individualization dengan alat peraga dan tanpa alat peraga serta mengetahui kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan pada siswa yang diberikan model team-assisted individualization dengan alat peraga hasilnya akan lebih baik daripada kemampuan siswa yang tidak diberi alat peraga Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kunjang I tahun ajaran 2015/ 2016. Data penelitian ini berupa data nilai pretest dan posttes yang selanjutnya diuji menggunakan uji t. Saran dari penelitian ini adalah agar model pembelajaran team-assisted individualization dengan alat peraga dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan. Kata Kunci: kooperatif, team-assisted individualization, alat peraga, kemampuan menjumlahkan dan mengurangkan, pecahan kelas V.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI