PENGARUH STRATEGI PROJECT BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT SUATU KARYA PERISKOP DARI BAHAN SEDERHANA DENGAN MENERAPKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN SAMBIROTO 1 TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

FEBY SARASTIKA DAYANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0390

Abstract

ABSTRAK Feby Sarastika Dayaningrum: Pengaruh Strategi Project Based Learning Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Membuat Suatu Karya Periskop Dari Bahan Sederhana Dengan Menerapkan Sifat – Sifat Cahaya Kelas V SDN Sambiroto 1 Tahun 2015/2016, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA pada materi membuat suatu karya periskop dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat – sifat cahaya masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran, guru hanya menerapkan metode ceramah dan hanya menghafal, sehingga kelas menjadi pasif, monoton, dan cenderung membosankan. Hal ini mengakibatkan kemampuan membuat suatu karya belum tercapai secara maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan membuat suatu karya periskop dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan strategi project based learning didukung media visual ?(2) Bagaimanakah kemampuan membuat suatu karya periskop dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya dengan strategi project based learning didukung media visual? (3)Adakah pengaruh strategi Project Based Learning didukung media visual terhadap kemampuan membuat suatu karya periskop dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat – sifat cahaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Posttest- Only Control Design. Subyek penelitian ini adalah siswa V SDN Sambiroto 1 kelas kontrol 22 siswa, kelas eksperimen 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes tulis dan observasi. Tes tulis digunakan untuk mengetahui kemampuan membuat karya periskop dengan menerapkan sifat-sifat cahaya sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui sikap serta hasil karya yang telah dibuat siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Teknik analisis data tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan membuat karya periskop dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan strategi project based learning didukung media visual belum tercapai secara maksimal dengan nilai rata-rata 68,5 masih di bawah KKM.(2) Kemampuan membuat karya periskop dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan strategi project based learning didukung media visual cukup baik dengan nilai rata-rata 80,9 sudah di atas KKM.(3) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi project based learning didukung media visual terhadap kemampuan membuat karya periskop dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya dengan hasil nilai thitung? ttabel dengan taraf signifikan 5%,yaitu (5,97) ? (2,022). Kata Kunci : Strategi Project Based Learning, Media Visual, Membuat Suatu Karya Periskop Dari Bahan Sederhana Dengan Menerapkan Sifat – Sifat Cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI