PENGARUH MODEL CONCEPT MAPPING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

MUHAMMAD MAKHAYYUDDIN IZZA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0388

Abstract

Abstrak Muhammad Makhayyuddin Izza: Pengaruh Model Concept Mapping Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Pada Siswa Kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di SDN Mojoroto 6 terutama pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Dari hasil tersebut ditemukan bahwa kemampuan siswa masih cenderung rendah. Hal ini disebabkan inovasi model pembelajaran dan penggunaan media dalam pembelajaran belum dilaksanakan secara maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model Concept Mapping tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri? (2) Apakah model Concept Mapping didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri (3) Adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model Concept Mapping tanpa didukung media gambar dibanding menggunakan model Concept Mapping didukung media gambar terhadap kemampuan meggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan di dua kelas yaitu kelas IV B sebagai kelas control diberi perlakuan model Concept Mapping tanpa didukung media gambar dan kelas IV A sebagai kelas eksperiman diberi perlakuan model Concept Mapping didukung media gambar. Pengumpulan data menggunakan tes tulis dengan analisis data menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil analis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model Concept Mapping tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri, terbukti dengan hasil thitung = 3,890 > ttabel 5% =2.060; (2) Penggunaan model Concept Mapping didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri, terbukti dengan hasil thitung = 11,088 > ttabel 5% = 2.060 ; (3) Ada perbedaan pengaruh antara model Concept Mapping tanpa didukung media gambar dibanding model Concept Mapping didukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN Kayen Kidul Kabupaten Kediri dengan hasil perhitungan thitung = 2,903 > ttabel 5% = 2.021 dengan keunggulan pada model Concept Mapping didukung media gambar. (rata-rata kelas eksperimen 86,56 > rata-rata kelas kontrol 78,08) Kata Kunci : model pembelajaran Concept Mapping, media gambar, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI