PENGARUH MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI MEMBANDINGKAN NILAI PECAHAN KELAS V SDN GAYAM 1 DAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUFIDAH HANUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0387

Abstract

PENGARUH MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI MEMBANDINGKAN NILAI PECAHAN KELAS V SDN GAYAM 1 DAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016 Mufidah Hanum 12.1.01.10.0387 FKIP – Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) e-mail: hanumm4@gmail.com Wahid Ibnu Zaman dan Sugiono UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini didasarkan dari fakta-fakta dilapangan yang menyebutkan bahwa kemampuan matematis siswa Indonesia masih sangat rendah yang salah satu penyebabnya adalah tidak cukupnya kemampuan untuk dapat memahami konsep dan kemampuan memecahkan masalah. Kemampuan ini akan dapat dimiliki siswa apabila guru merancang pembelajaran secara efektif untuk membiasakan siswa bekerja mandiri terhadap latihan-latihan yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengacu pada MMP dinyatakan tuntas, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengacu pada MMP lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran konvensional, serta apakah ada pengaruh yang terjadi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengacu pada MMP. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2015/2016. Dengan purposive sampling dipilih sampel siswa kelas V SDN Gayam 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pembelajaran MMP dan kelas V SDN Gayam 2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini berupa data kemampuan awal siswa dan data pemecahan masalah yang diperoleh dengan metode tes yang kemudian diuji dengan uji proporsi dan uji t. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika tanpa menggunakan model MMP kurang ada peningkatan yang lebih baik, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika yang mengacu pada MMP terdapat peningkatan yang lebih baik. Dan dari kemampuan pemecahan masalah matematika yang meningkat dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang terjadi dari penggunaan model MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi membandingkan nilai pecahan pada siswa kelas V. Jadi pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP dinyatakan tuntas Saran untuk penelitian ini adalah agar pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Serta harapan akan adanya penelitian lanjutan tentang pembelajaran matematika yang mengacu pada MMP sebagai bentuk pengembangan dan perbaikan dari penelitian yang telah dilakukan. Kata Kunci: model Missouri Mathematics Project (MMP), kemampuan pemecahan masalah, membandingkan nilai pecahan kelas V.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI