PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN KEPATIHAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ERNI YUNIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0385

Abstract

ABSTRAK ERNI YUNIARTI: Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFE) didukung Media Benda Konkret terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya pada Siswa Kelas V Semester II SDN Kepatihan Kabupaten Tulungagung Tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: Student Facilitator And Explaining (SFE), Media Benda Konkret, Sifat-Sifat Cahaya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD khususnya materi sifat-sifat cahaya belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini dikarenakan guru dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah tanpa didukung media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif dan cenderung bosan dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model student facilitator and explaining pada materi sifat-sifat cahaya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Permasalahan penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining didukung media benda konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya? (2) apakah ada pengaruh model student facilitator and explaining tanpa didukung media benda konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya? (3) apakah ada perbedaan pengaruh antara menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining didukung media benda konkret dengan model pembelajaran student facilitator and explaining tanpa di dukung media benda konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Non randomized control group pretest-posttest design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, siswa kelas V semester II SDN Kepatihan yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini daapat disimpulkan bahwa: (1) model Student Facilitator And Explaining didukung media benda konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan ketuntasan klasikal 82,51%. (2) model Student Facilitator And Explaining tanpa didukung media benda konkret terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat dengan ketuntasan klasikal 61,09%. (3) ada perbedaan kemampuan mendeskripsikan sifat–sifat cahaya pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining didukung media benda konkret dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining tanpa di dukung media benda konkret dengan keunggulan pada model pembelajaran Student Facilitator And Explaining didukung media benda konkret. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan:(1) Dengan model Student Facilitator And Explaining didukung media benda konkret siswa dapat lebih aktif selama kegiatan pembelajaran dan menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik (2) guru diharapkan menggunakan model Student Facilitator And Explaining didukung media benda konkret dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI