PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN BUJEL KEDIRI


Author (Penulis)

FERDIANI EKA PRAWITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0383

Abstract

PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN CARA PENCEGAHAN KERUSAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN BUJEL KEDIRI FERDIANI EKA PRAWITASARI 12.1.01.10.0383 FKIP-PGSD ferdiani190894@gmail.com Drs. Agus Budianto, M.Pd. dan Dra. Endang Sri Mujiwati, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi dari peran guru.Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, membosankan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan model dan media yang tepat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan tanpa menggunakan model student facilitator and explaining didukung media video pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan dengan menggunakan model student facilitator and explaining didukung media video pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri? (3) Adakah pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining dan media video terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri? Peneilitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain posstest-only-control design. Desain ini akan membandingkan hasil nilai dari kelompok eksperimen dan kontrol dimana kelompok eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Populasi dan Sampel adalah siswa kelas IV SDN Bujel 2 Kediri dan SDN Bujel 3 Kediri dengan jumlah keseluruhan 60 orang.Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan butir soal pilihan ganda.Analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan menggunakan MS.Excel 2007. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan tanpa menggunakan model student facilitator and explaining didukung media video pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata- rata kelas 74,16<(KKM 75) (2) Kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan menggunakan model student facilitator and explaining didukung media video pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata- rata kelas 84,5> (KKM 75) (3) Terdapat pengaruh model student facilitator and explaining didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 2,875 > 2,002.Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%. Kata Kunci :Model student facilitator and explaining, media video, Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI