PENGARUH METODE PROBLEM POSING DIDUKUNG MEDIA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN KELILING DAN LUAS JAJAR GENJANG DAN SEGITIGA PADA SISWA KELAS IV SDN KARTOHARJO 3 TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

IKA INDRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0382

Abstract

ABSTRAK Terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif tentunya juga memperhatikan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran dan karakteristik peserta didik Selain itu hendaknya guru harus terampil dalam memanfaatkan media, hal ini akan memudahkan peserta didik dalam menganalisis suatu permasalahan soal karena mereka sudah dihadapkan dengan bukti nyata. Namun kenyataannya guru cenderung menjelaskan dan memberi contoh saja tanpa mengajak siswa untuk mengamati bahkan menemukan suatu permasalahan tertentu, sehingga siswa cenderung pasif. Siswa yang bisa menjadi bisa dan siswa yang diam cenderung tidak bisa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan metode problem posingdidukung media nyata dalam meningkatkan kemampuan menentukan keliling dan luas jajar genjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kartoharjo 3 Kota Nganjuk Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kartoharjo 3 Kota Nganjuk TahunPelajaran 2015 / 2016, yang jumlah siswanya 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga sebelum menggunakan metode problem posing didukung media nyata dapat dikatakan kurang memuaskan karena nilai yang di atas KKM hanya sebanyak 3 siswa (9,7%) dengan rata-rata sebesar 57,09, 2) Kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga setelah menggunakan metode problem posing didukung media nyata dapat dikatakan memuaskan karena nilai yang di atas KKM sebanyak 22 siswa (71%) dengan rata-rata sebesar 81,29 dan 3) ada pengaruh penggunaan metode problem posing dan media nyata pada kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswa kelas IV SDN Kartoharjo 3 Tahun Pelajaran 2015 / 2016, berdasarkan hasil penelitian uji t 8,703 > t- tabel (2,390). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adapengaruhpenggunaanmetodeproblem posingdan media nyata pada kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga pada siswakelas IV SDN Kartoharjo 3 Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Disarankan metode problem posing dan media nyata dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran bagi guru. Kata kunci :Metode Problem Posing, Media Nyata, Kemampuan Menentukan Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI