PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) DIDUKUNG METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI DI LINGKUNGAN SEKITAR BESERTA SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BUJEL KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SHOLEKATUL ERWINDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0381

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang masih kurang maksimal dan motivasi belajar siswa masih rendah. Permasalahanpenelitianiniadalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar beserta sifatnya menggunakan model Visual, Auditory, Kinestetic (VAK) tanpa metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Bujel 3 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar beserta sifatnya dengan menggunakan model Visual, Auditory, Kinestetic (VAK) didukung metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Bujel 2 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Visual, Auditory, Kinestetic (VAK) dan metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar beserta sifatnya pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bujel 2 dan 3 Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumennya berupa tertulis. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai thitung 8,401 ? nilai ttabel 2,002 (taraf signifikan 5%) dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,33 diatas KKM (70) sedangkankelas kontrol mendapatkannilai rata-rata 58,83 di bawah KKM (70). Dapat diartikan bahwa ada pengaruh penggunaan model Visual, Auditory, Kinestetic (VAK) dan metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar beserta sifatnya pada siswa kelas IV SDN Bujel Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendsikan: (1) tujuan penggunaan model Visual, Auditory, Kinestetic (VAK) dan metode eksperimen adalah untuk meningkatkan aktivitas dan kreatif siswa. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah model , Auditory, Kinestetic (VAK) dan metode eksperimen sesuai dengan karateristik materi dan siswa. KATA KUNCI: Visual, Auditory, Kinestetic (VAK), metode eksperimen, kemampuan mendeskripsikan, energi panas dan bunyi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI