PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN 1 KEDUNGLURAH KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

DEMY EGA LESMANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0380

Abstract

ABSTRAK

Demy Ega Lesmana: Pengaruh Model Pembelajaran Polya terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah KPK dan FPB Siswa Kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran tentang KPK dan FPB di kelas V SDN I Kedunglurah menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil observasi, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut  :  (1)    Bagaimanakah kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sebelum menerapkan model pembelajaran Polya? (2) Bagaimanakah kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sesudah menerapkan model pembelajaran Polya? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Polya terhadap kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek?

Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.  Subjek dalam penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  VA SDN I Kedunglurah sebanyak 25 siswa dan siswa  kelas VB SDN I Kedunglurah sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan  data  berupa  tes  tulis  dan  bentuk  instrumenya  berupa  soal  uraian berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t atau t-test. 

Berdasarkan  hasil  analisis  data  dapat  disimpulkan: (1) Kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sebelum menerapkan model pembelajaran Polya pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek dengan ketuntasan klasikal mencapai <75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 60,4%. (2) Kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sesudah menerapkan model pembelajaran Polya pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek dengan ketuntasan klasikal mencapai ≥75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 98,2%. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Polya terhadap kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung ≥ t-tabel atau 5,508 > 1,708 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : model pembelajaran Polya, masalah KPK dan FPB


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Hamzah, B. Uno. 2003. Model Pembe-lajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara

Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Coope-rative Learning di. Ruang-Ruang Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendi­dikan: Pendekatan Kuantitatif, Kua­litiatif, dan R&D. Bandung: Alfa­beta.

Suryana, Yusuf. 2013. Pengembangan Bahan Ajar FPB dan KPK Model Desain Dedaktis pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Setia


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI