ABSTRAK
Demy Ega Lesmana: Pengaruh Model Pembelajaran Polya terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah KPK dan FPB Siswa Kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Berdasarkan hasil observasi pembelajaran tentang KPK dan FPB di kelas V SDN I Kedunglurah menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil observasi, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sebelum menerapkan model pembelajaran Polya? (2) Bagaimanakah kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sesudah menerapkan model pembelajaran Polya? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Polya terhadap kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek?
Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN I Kedunglurah sebanyak 25 siswa dan siswa kelas VB SDN I Kedunglurah sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan bentuk instrumenya berupa soal uraian berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t atau t-test.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: (1) Kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sebelum menerapkan model pembelajaran Polya pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek dengan ketuntasan klasikal mencapai <75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 60,4%. (2) Kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB sesudah menerapkan model pembelajaran Polya pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek dengan ketuntasan klasikal mencapai ≥75%. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 98,2%. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Polya terhadap kemampuan menyelesaikan masalah KPK dan FPB pada siswa kelas V SDN 1 Kedunglurah Kabupaten Trenggalek. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung ≥ t-tabel atau 5,508 > 1,708 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci : model pembelajaran Polya, masalah KPK dan FPB
DAFTAR PUSTAKA
Hamzah, B. Uno. 2003. Model Pembe-lajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara
Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Coope-rative Learning di. Ruang-Ruang Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, Yusuf. 2013. Pengembangan Bahan Ajar FPB dan KPK Model Desain Dedaktis pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Setia