PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PENTINGNYA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGLURAH KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RATRI PUJI RAHMAHWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0378

Abstract

Abstrak Ratri Puji Rahmahwati : Pengaruh Model Two Stay Two Stray didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pada Siswa Kelas IV SDN Kedunglurah Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016”. Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Media gambar, Koperasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan model Two Stay Two Stray didukung media gambar? (2) Bagaimana kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan model Two Stay Two Stray tanpa didukung media gambar? (3) Apakah ada perbedaan kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan model Two Stay Two Stray didukung media gambar dibandingkan dengan model Two Stay Two Stray tanpa didukung media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas IV SDN Kedunglurah. Teknik yang digunakan adalah teknik eksperimen dengan model True Experimental Design dengan jenis Pretest-Posstest Control Group Design dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data inferensial dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis yang dilakukan nilai t-hitung (0,294) > t-tabel (0,05) dan nilai rata-rata pada kelas IV dengan menerapkan model Two Stay Two Stray didukung media gambar (82,50) lebih dari nilai KKM (75) dan nilai pada kelas IV dengan menerapkan model Two Stay Two Stray tanpa didukung media gambar (73,64) kurang dari nilai KKM (75). Artinya ada pengaruh penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Trenggalek tahun pelajaran 2015/2016. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan Two Stay Two Stray didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Trenggalek tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan ada pengaruh yang signifikan. (2) Kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggunakan model Two Stay Two Stray tanpa didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Tahun Pelajaran 2015/2016 dinyatakan kurang signifikan. (3) Ada perbedaan sangat signifikan penggunaan model Two Stay Two Stray didukung media gambar terhadap kemampuan mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada siswa kelas IV SDN Kedunglurah Tahun Pelajaran 2015/2016. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI