PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR DALAM METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT–SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN MOJOSARI KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016.


Author (Penulis)

MUKHAMAD CANDRA NUR DIAN SYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0372

Abstract

ABSTRAK Mukhamad Candra Nur Dian Syah: Pengaruh Penggunaan Media Benda Di Lingkungan Sekitar Dalam Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat–Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Mojosari Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Mendiskripsikan, Media benda di lingkungan sekitar. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil penelitian pendahuluan hasil belajar siswa kelas V SDN Mojosari Kabupaten Tulungagung pada materi mendiskripsikan sifat-sifat cahaya rendah, karena guru mendominasi proses pembelajaran dan kurang kreatif dalam memilih model pembelajaran yang digunakan saat mengajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode eksperimen didukung media benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas V SDN Mojosari Kabupaten Tulungagung tahun 2015/2016 ? (2) Bagaimana kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan metode eksperimen tanpa didukung media benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas V SDN Mojosari Kabupaten Tulungagung tahun 2015/2016 ? (3) Apakah ada perbedaan kemampuan mendiskripsikan sifat-sifat cahaya antara metode eksperimen yang didukung media benda di lingkungan sekitar dan metode eksperimen yang tidak didukung media benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas V SDN Mojosari Kabupaten Tulungagung tahun 2015/2016?. Penelitian ini dilakukukan secara eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Mojosari III Kabupaten Tulungagung berjumlah 21 siswa yang diajar dengan metode eksperimen didukung media benda di lingkungan sekitar dan 21 siswa kelas V SDN Mojosari II yang diajar metode eksperimen tanpa didukung media benda di lingkungan sekitar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui penelitian siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen didukung media benda di lingkungan sekitar memiliki rata-rata yang cenderung lebih tinggi. (2) Melalui penelitian siswa yang diajar menggunakan metode eksperimen tanpa didukung media benda di lingkungan sekitar memiliki rata-rata yang cenderung lebih rendah. (3) Ada perbedaan hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode eksperimen didukung media benda di lingkungan sekitar dan metode eksperimen yang tidak didukung media benda di lingkungan sekitar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI