PENGARUH MODEL NUMBER HEADS TOGETHER DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG CAMPURAN SISWA KELAS II SDN TAMANAN KOTA KEDIRI 2015/2016


Author (Penulis)

MUHAMMAD ABDAUL HUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0366

Abstract

Abstrak Muhammad Abdaul Huda: Pengaruh Model Number Heads Together Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Melakukan Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas II SDN Tamanan Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI, 2016. Kata Kunci: Number Heads Together, Media Visual, Kemampuan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dengan mahasiswa PPL dan wali kelas II serta pengalaman praktek peneliti, bahwa pembelajaran operasi hitung campuran menggunakan ceramah saja dengan mengerjakan lembar kegiatan siswa secara individu. Akibatnya siswa menjadi sedikit bosan. Dengan dihadirkannya media dalam pembelajaran siswa menjadi tertarik akan materi yang diajarkan. Model juga berpengaruh dalam meningkatkan dalam mengajarkan siswa untuk bekerjasama dalam menyelesaikan lembar kegiatan sehingga tidak ada siswa yang tidak bisa mengerjakan. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan melakukan operasi hitung campuran yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran NHT didukung media visual siswa kelas II SDN Tamanan? (2) Bagaimana kemampuan melakukan operasi hitung campuran yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT didukung media visual siswa kelas II SDN Tamanan? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model NHT didukung media visual dengan tanpa menggunakan model NHT didukung media visual terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran pada siswa kelas II SDN Tamanan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alasan sebagai tujuan untuk menguji hipotesis karena data yang akan dikumpulkan berupa angka yaitu nilai tes peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah statistika dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN Tamanan Kota Kediri dengan memberikan tes yang berupa pre test dan post test sebanyak masing-masing 5 butir soal uraian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan melakukan operasi hitung campuran yang diajar tanpa menggunakan model NHT didukung media visual terbukti kurang berhasil karena rata-rata siswa masih dibawah KKM. (2) Kemampuan melakukan operasi hitung campuran yang diajar menggunakan model NHT didukung media visual kurang berhasil karena rata-rata siswa masih dibawah KKM. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung > ttabel 3,38> 2,000 dengan taraf signikan 5% yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara menggunakan model NHT didukung media visual dengan tanpa menggunakan model NHT didukung media visual terhadap kemampuan melakukan operasi hitung campuran. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model NHT didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan siswa melakukan operasi hitung campuran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI