PENGARUH MEDIA VISUAL DALAM MODEL PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
BUTHET AFFIFATUN MASHUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0365
Abstract
ABSTRAK
BUTHET AFFIFATUN MASHUTRI : Pengaruh Media Visual dalam Model Probing Prompting terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi pada Siswa Kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri pada materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi masih rendah. Penyebab hal tersebut dikarenakan guru lebih memilih menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual dalam model probing prompting terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Sukorame Kota Kediri.
Penelitian ini dilakukan secara eksperimental menggunakan teknik penelitian Postest-Only Control Designdan pendekatan kuantitatif di SDN Sukorame Kota Kediri dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorame 3 yang diajar dengan media visual dalam model probing prompting yang berjumlah 35 siswa, dan siswa kelas IV SDN Sukorame 1 yang diajar tanpa media visual dalam model probing prompting yang berjumlah 35 siswa. Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa dan prosentase ketuntasan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan media visual dalam model probing prompting adalah 80,43 dan 74,2% lebih baik daripada rata rata-hasil belajar dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar tanpa media visual dalam model probing prompting yaitu 71,14 dan 48,6%. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata dan prosentase hasil belajar siswa yang diajar dengan media visual dalam model probing prompting lebih besar dari pada siswa yang diajar tanpa media visual dalam model probing prompting.
Kata kunci : media visual, model probing prompting, mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.