PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN POSISI BULAN DAN KENAMPAKAN BUMI DARI HARI KE HARI PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGLURAH 2 KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

ADE JULIA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0357

Abstract

ABSTRAK Ade Julia Ningrum. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament didukung Media Audio Visual terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Posisi Bulan dan Kenampakan Bumi dari Hari ke Hari pada Siswa Kelas IV SDN Kedunglurah 2 Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci :Teams Games Tournament didukung Media Audio Visual, Mendeskripsikan Posisi Bulan dan Kenampakan Bumi dari Hari ke Hari. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament didukung media audio visual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament tanpa didukung media audio visual kelas IV SDN Kedunglurah 2 Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2015/2016? (2)Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament didukung media audio visual kelas IV SDN Kedunglurah 2 Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2015/2016? (3)Adakah pengaruh antara penerapan model pembelajaran TGT didukung media audio visual dan dengan model pembelajaran TGT tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari kelas IV SDN Kedunglurah 2 Kabupaten Trenggalek Tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas IV SDN Kedunglurah 2 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament tanpa didukung media audio visual dan IV B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament didukung media audio visual dengan analisis uji t menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran teams Games Tournament tanpa didukung media audio visual sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari, hal ini terbukti dari nilai thitung (12,160) > ttabel (2,093) pada taraf signifikansi 5%. (2) Penggunaan model pembelajaran teams Games Tournament didukung media audio visual sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari, hal ini terbukti dari nilai thitung (24,040) > ttabel (2,093) pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament didukung media audio visual dan tanpa didukung media audio visual terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SD N Kedunglurah. Hal ini terbukti dari nilai thitung (4,238) > ttabel (2,024) pada taraf signifikansi 5%. Dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran teams Games Tournament didukung media audio visual, hal tersebut terbukti dari nilai rerata postest pada penggunaan model pembelajaran teams Games Tournament didukung media audio visual adalah 87,2 sedangkan nilai rerata postest pada penggunaan model pembelajaran teams Games Tournament tanpa didukung media audio visual adalah 75,2. Dengan demikian 87,2 > 75,2.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI