PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI PANAS DAN BUNYI DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN TANGGULKUNDUNG 1 BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

PUTRI BELA SARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0356

Abstract

ABSTRAK Putri Bela Sara: Pengaruh Model Problem Based Learning Didukung Media Realia terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Energi Panas dan Bunyi di Lingkungan Sekitar serta Sifat-sifatnya, pada Siswa Kelas IV SDN Tanggulkundung 1 Besuki Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Tanggulkundung 1, lebih dari 50% klasikal dinyatakan belum tuntas atau belum mencapai KKM (70) yang ditetapkan. Hal tersebut karena pembelajaran menggunakan ceramah tanpa model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Guru kurang mampu menciptakan atau memanfaatkan media pembelajaran, sehingga minat dan motivasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya tanpa menggunakan model Problem Based Learning didukung media Realia pada siswa kelas IV SDN Tanggulkundung 1 Tahun Ajaran 2015/2016; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan menggunakan model Problem Based Learning didukung media Realia pada siswa kelas IV SDN Tanggulkundung 1 Tahun Ajaran 2015/2016; (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning didukung media Realia terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Tanggulkundung 1 Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan teknik penelitian Eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tanggulkundung 1 kecamatan Besuki kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumennya berupa soal-soal tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan uji rata-rata ketuntasan dan uji-T Sig. (2-tailed) < 0,05 maka signifikan. Hasil analisis data (1) diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 73,39 dengan ketuntasan klasikal 65,2% < 75%; (2) diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 80,87 dengan ketuntasan klasikal 87% > 75%; (3) menunjukkan Sig. (2-tailed) yaitu 0,006 < 0,05 maka signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh penggunaan model Problem Based Learning didukung media Realia terhadap kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnyapada siswa kelas IV SDN Tanggulkundung 1 Tahun Ajaran 2015/2016. KATA KUNCI : model Problem Based Learning, media Realia, kemampuan mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI