PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DIDUKUNG MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN MENANGGAPI PERISTIWA PADA SISWA KELAS V SDN BLARU TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NENNY NOVIANY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0355

Abstract

Noviany Nenny: Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write didukung Media Audio terhadap Kemampuan Menanggapi Peristiwa pada Siswa Kelas V SDN Blaru Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: tink talk write, media audio dan kemampuan menanggapi peristiwa. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran bahasa Indonesia terutama materi menanggapi peristiwa pada siswa kelas V SDN Blaru 1 masih didominasi oleh peran guru yang hanya menggunakan metode ceramah. Akibatnya siswa menjadi pasif dan sulit menerima materi yang disampaikan .Untuk perlu adanya mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran think talk write dengan media audio agar kegiatan proses belajar mengajar mendapatkan hasil yang diharapkan. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Seperti apakah kemampuan siswa dalam menanggapi peristiwa sebelum menggunakan model think talk write didukung media audio? (2) Seperti apakah kemampuan siswa dalam menanggapi peristiwa sesudah menggunakan model think talk write didukung media audio? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara sebelum dan sesudah menggunakan model think talk write didukung media audio terhadap kemampuan menanggapi peristiwa? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian pretest-posttest group. Menggunakan pendekatan kuantitatif Pre Eksperimental dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Blaru yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan intrumen penelitian berupa RPP dan berupa tes tulis untuk penugasan siswa. Hasil analisis data dari kelas kontrol dengan nilai sig.(2-tailed) 0,090 > 0,005 maka H_0 diterima. Sedangkan perolehan nilai kelas eksperimen dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,005 maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think talk write didukung media audio memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan menanggapi peristiwa Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan siswa dalam menanggapi peristiwa tanpa menggunakan model pembelajaran think talk write didukung media audio kurang mampu. (2) Kemampuan siswa dalam menanggapi peristiwa dengan menggunakan model pembelajaran think talk write didukung media audio mampu. (3) Ada perbedaan pengaruh antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran think talk write didukung media audio terhadap kemampuan menanggapi peristiwa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran think talk write didukung media audio adalah untuk membuat siswa menjadi lebih aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus mendukung teriptanya suasana belajar yang menyenangkan. (2) Guru masih perlu menambah wawasan dan menetapkan model pembelajaran think talk write atau model lainnya yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI