PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEMUAN TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN HITUNG PENJUMLAHAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDIT AL-ISTIQOMAH PACE NGANJUK TAHUN AJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
SISKA NURMA YUNITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0353
Abstract
ABSTRAK
Siska Nurma Yunitasari: Pengaruh Model Pembelajaran Temuan Terbimbing terhadap Penguasaan Hitung Penjumlahan Pecahan Siswa Kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran matematika masih didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal.
Permasalahan peneliti ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan penguasaan hitung penjumlahan pecahan tanpa menggunakan model pembelajaran temuan terbimbing pada siswa kelas kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016? (2) bagaimanakah kemampuan penguasaan hitung penjumlahan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran temuan terbimbing pada siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016? (3) adakah pengaruh model pembelajaran temuan terbimbing terhadap kemampuan penguasaan hitung penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016?
Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian eksperimen dan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan subjek penelitian siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk dengan populasi 72 siswa, terdiri dari kelas kontrol 38 siswa dan kelas eksperimen 34 siswa . Sampel yang digunakan sebanyak 72 siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5 % diolah menggunakan SPSS versi 16.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan menghitung penjumlahan pecahan tanpa menggunakan model pembelajaran temuan terbimbing pada siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk masih di bawah KKM dengan nilai rata-rata 66,65. (2) Kemampuan menghitung penjumlahan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran temuan terbimbing pada siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk mencapai KKM dengan nilai rata-rata 78,23. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunakan model pembelajaran temuan terbimbing terhadap kemampuan penguasaan hitung mpenjumlahan pecahan siswa kelas IV SDIT Al-Istiqomah Pace Nganjuk Tahun Ajaran 2015-2016, Hasil analisis yang dilakukan nilai thitung (5,859) > ttabel ( 1,994 ) dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Kata kunci : Model Pembelajaran Temuan Terbimbing dan Penguasaan Hitung Penjumlahan Pecahan.