AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SDN SUMBERBENDO I PARE TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

ENDRAS MEI FADILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0352

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Sumberbendo I Pare yang masih belum optimal. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran lebih didominasi oleh guru, dan ini berakibat pula terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Siswa membutuhkan pembelajan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang akan diuji cobakan adalah model pembelajaran two stay two stray (TSTS) agar tercapai secara maksimal. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Pare tahun 2015/2016? (2) Bagaiaman aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran konvensional? (3) Adakah perbedaan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif two stay two stay dan model konvensional?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa SDN Sumberbendo I Pare Kec. Pare Kab. Kediri siswa kelas V sebagai kelas eksperimen dan SDN Besuk 2 Kec. Gurah Kab. Kediri sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Simpulan hasil penelitian ini adalah Ada perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray terhadap aktivitas belajar siswa pada materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Sumberbendo I Pare Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikkan dari hasil uji-t yang dilakukan diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaiti0.05 (0.000 < 0.005). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray pada materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Sumberbendo I Pare Tahun Ajaran 2015/2016 lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Besuk 2 Gurah Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Model TSTS, IPS, Menghargai Perjuangan Para Tokoh Dalam Mempertahankan Kemerdekaan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI