PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DIDUKUNG MEDIA KARTU TERHADAP PEMAHAMAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN BLABAK 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ARI PITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0351

Abstract

ABSTRAK Ari Pitasari. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check didukung Media Kartu terhadap Pemahaman Sifat-Sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci:Model pembelajaran kooperatif, Pairs Check, media kartu, pemahaman, sifat-sifat bangun ruang Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran matematika (khususnya) materi sifat-sifat bangun ruang) di SD masih berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan pemahaman siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check dengan dukungan media kartu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pemahaman sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check tanpa didukung media kartu? (2) Bagaimanakah pemahaman sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check didukung media kartu? (3) Apakah ada perbedaan pemahaman sifat-sifat bangun ruang antara yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check didukung media kartu dibanding dengan yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check tanpa didukung media kartu pada siswa kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Desain Randomized Matched Subjects Post Tes Only dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yaitu, seluruh siswa kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check didukung media kartu dan IV-B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check tanpa didukung media kartu dengan anlisis uji-t menggunakan Independent T-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemahaman sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check tanpa didukung media kartu mencapai KKM, hal ini terbukti dari nilai thitung (2,103) > ttabel (2,069) pada taraf signifikansi 5%. (2) Pemahaman sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check didukung media kartu mencapai KKM, hal ini terbukti dari nilai thitung (5,712) > ttabel (2,069) pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada perbedaan pemahaman sifat-sifat bangun ruang antara yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check didukung media kartu dibanding dengan yang diberi model pembelajaran kooperatif Tipe Pairs Check tanpa didukung media kartu pada siswa kelas V SDN Blabak 3 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari nilai thitung (3,216) > ttabel (2,013) pada taraf signifikansi 5%. Nilai rerata post-test pada kelompok eksperimen adalah 83,08, sedangkan nilai rerata post-test pada kelompok kontrol adalah 73,75. Dengan demikian 83,08 > 73,75.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI